RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI ( datadikdasmen.com )
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengarkan teks laporan yang dibacakan, siswa
mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.
2. Setelah menemukan ide pokok dari teks yang dibacakan,
siswa mampu mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara
rinci.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu mengklasifikasi hewan
berdasarkan cara perkembangbiakannya secara ovipar dan vivipar serta manfaatnya.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan hewan
berdasarkan cara perkembangbiakan secara ovipar dan vivipar melalui tabel dan
manfaatnya dengan benar.
5. Setelah membaca teks tentang ASEAN, siswa mampu
menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya
dengan benar.
6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ·
Guru membawa gambar
salah satu jenis hewan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan,
misalnya ikan. ·
Guru mengajukan
pertanyaan: ‘Apa yang kalian ketahui tentang
hewan ini?’ ‘Apa manfaatnya dalam
kehidupanmu?’ ‘Apa yang ingin kalian ketahui tentang hewan
sebagai sumber makanan?’ (CriticalThinking and
Problem Formulation) ·
Guru kemudian
menuliskan jawaban siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan
belajar tentang hewan. Ayo Mengamati ·
Siswa diminta untuk
membaca teks tentang hewan-hewan yang hidup di negara ASEAN yang ada pada
buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit. ·
Setiap siswa kemudian
menulis hewan yang ada di sekitar mereka, mengisi diagram Venn, dan
mendiskusikan dengan teman kelompok. (Mandiri,
Critical Thinming and Problem
Formulation) ·
Guru membimbing
diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. ·
Guru mengajak satu
atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan
kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi
kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang
ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain
untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat
menguatkan jawaban-jawaban yang ada. ·
Siswa menuliskan
manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar dan ovipar kemudian disampaikan
kepada teman kelasnya. Guru membimbing diskusi secara klasikal. Ayo Membaca ·
Setelah siswa membaca
teks tentang kegiatan ekonomi di
negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. ·
Dalam kelompoknya,
setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan
kehidupan ekonominya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan kembali apa
yang dibacanya. ·
Guru memberikan
penguatan tentang kehidupan ekonomi negara ASEAN. ·
Pada pertemuan
sebelumnya, siswa memilih dua negara ASEAN dan menuliskan kehidupan sosial
budayanya. ·
Untuk melengkapi
informasi dua negara tersebut, siswa diminta untuk membandingkan
negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya. Siswa menyampaikan hasilnya
kepada teman di sebelahnya. Ayo Menulis ·
Pada kesempatan ini,
guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru
membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut. ·
Sebelum membaca teks,
guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa
semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan. ·
Siswa kemudian
mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya
apabila perlu. Berdasarkan jawaban
tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan
kosakata baku. (Critical Thinking, Mandiri) ·
Guru menyampaikan
daftar periksa penilaian kepada siswa. |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai mengerjakan
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, KATIMAN, S.Pd, MM NIP. 196803031993011002 |
Jatisrono, Juli 2020 Guru Kelas 6 APRILIANA TRI ANIZAH, S.Pd.SD NIP. 198504042010012026 |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
- Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Menyebutkan
ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar |
|
|
Tulisan
memuat seluruh ide pokok |
|
|
Tulisan
memuat fakta bukan opini |
|
|
Sebagian
tulisan menggunakan kosakata baku |
|
|
- IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Diagram
memuat dua negara ASEAN |
|
|
Diagram
membandingkan kondisi geografis dua negara |
|
|
Diagram
membandingkan kehidupan ekonomi dua negara |
|
|
- IPA
Diagram Venn tentang perkembangbiakan hewan dinilai dengan
daftar periksa.
Tulisan tentang manfaat perkembangbiakan hewan dinilai dengan
daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Menyebutkan
paling sedikit lima jenis
hewan sesuai perkembangbiakannya |
|
|
Hewan
diletakkan sesuai cara perkembangbiakannya |
|
|
Memuat
manfaat perkembangbiakan hewan |
|
|
- Catatan anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)
(Contoh terlampir di bagian
lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami cara perkembangbiakan
hewan dapat mendiskusikannya dengan guru dan mengamati kembali hewan yang ada
di sekitar.
·
Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan hewan
sebanyak-banyaknya dan mengelompokkan berdasarkan perkembangbiakannya.
2. Pengayaan
Mintalah siswa untuk membawa gambar-gambar hewan dari potongan majalah
bekas. Seluruh gambar dikumpulkan dan diklasifikasikan berdasarkan cara
perkembangbiakannya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1
Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Gambar
salah satu jenis hewan
Untuk RPP lebih lengkap, silahkan klik link berikut RPP Kelas 6 1 lembar
Credit : https://dicariguru.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar