Selasa, 08 September 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan       : SD/MI  ( datadikdasmen.com )

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                       : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke            :  1

Alokasi waktu                :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mendengarkan teks laporan yang dibacakan, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram. 

2.     Setelah menemukan ide pokok dari teks yang dibacakan, siswa mampu mengembangkan ide pokok dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.

3.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengklasifikasi hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya secara ovipar dan  vivipar serta manfaatnya.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan hewan berdasarkan cara perkembangbiakan secara ovipar dan vivipar melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.

5.     Setelah membaca teks tentang ASEAN, siswa mampu menyebutkan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.

6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

·         Guru membawa gambar salah satu jenis hewan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, misalnya ikan.

·         Guru mengajukan pertanyaan:

‘Apa yang kalian ketahui tentang hewan ini?’

 

 

‘Apa manfaatnya dalam kehidupanmu?’

 ‘Apa yang ingin kalian ketahui tentang hewan sebagai sumber makanan?’

(CriticalThinking and Problem Formulation)

·         Guru kemudian menuliskan jawaban siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang hewan.

 

Ayo Mengamati

·         Siswa diminta untuk membaca teks tentang hewan-hewan yang hidup di negara ASEAN yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.

·         Setiap siswa kemudian menulis hewan yang ada di sekitar mereka, mengisi diagram Venn, dan mendiskusikan dengan teman kelompok. (Mandiri, Critical Thinming and Problem Formulation)

·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.

·         Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.

·         Siswa menuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar dan ovipar kemudian disampaikan kepada teman kelasnya. Guru membimbing diskusi secara klasikal.

Ayo Membaca

·         Setelah siswa membaca teks tentang kegiatan ekonomi di  negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. 

·         Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan ekonominya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan kembali apa yang dibacanya.

·         Guru memberikan penguatan tentang kehidupan ekonomi negara ASEAN.

·         Pada pertemuan sebelumnya, siswa memilih dua negara ASEAN dan menuliskan kehidupan sosial budayanya.

·         Untuk melengkapi informasi dua negara tersebut, siswa diminta untuk membandingkan negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya. Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman di sebelahnya.

Ayo Menulis

·         Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut.

·         Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.

·         Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.  Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku. (Critical Thinking, Mandiri)

·         Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.     Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                           

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

KATIMAN, S.Pd, MM

NIP. 196803031993011002

Jatisrono,       Juli 2020

Guru Kelas 6

 

 

 

APRILIANA TRI ANIZAH, S.Pd.SD

NIP. 198504042010012026

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

  1. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar

 

 

Tulisan memuat seluruh ide pokok

 

 

Tulisan memuat fakta bukan opini

 

 

Sebagian tulisan menggunakan kosakata baku

 

 

 

  1. IPS

Tugas dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Diagram memuat dua negara ASEAN

 

 

Diagram membandingkan kondisi geografis dua negara

 

 

Diagram membandingkan kehidupan ekonomi dua negara  

 

 

 

  1. IPA  

Diagram Venn tentang perkembangbiakan hewan dinilai dengan daftar periksa.

Tulisan tentang manfaat perkembangbiakan hewan dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan paling sedikit lima

jenis hewan sesuai perkembangbiakannya

 

 

Hewan diletakkan sesuai cara

perkembangbiakannya

 

 

Memuat manfaat perkembangbiakan hewan

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum memahami cara perkembangbiakan hewan dapat mendiskusikannya dengan guru dan mengamati kembali hewan yang ada di sekitar.

·         Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan hewan sebanyak-banyaknya dan mengelompokkan berdasarkan perkembangbiakannya.

 

2.     Pengayaan

Mintalah siswa untuk membawa gambar-gambar hewan dari potongan majalah bekas. Seluruh gambar dikumpulkan dan diklasifikasikan berdasarkan cara perkembangbiakannya.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Gambar salah satu jenis hewan




Untuk RPP lebih lengkap, silahkan klik link berikut RPP Kelas 6 1 lembar 

Credit : https://dicariguru.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar